Home > Kewidyaiswaraan > Kewidyaiswaraan

Kewidyaiswaraan

PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA (PERMENPAN) NOMOR 14 TAHUN 2009 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL WIDYAISWARA DAN ANGKA KREDITNYA

Setelah cukup lama ditunggu oleh banyak pihak, khususnya Widyaiswara, Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PERMENPAN) Nomor 14 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya akhirnya ditandatangani oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada tanggal 25 September 2009.

Perubahan PERMENPAN tersebut tentunya dilandasi oleh suatu kajian yang mendalam mengenai pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan peraturan tersebut di lapangan yang dilakukan oleh LAN sebagai instansi pembina jabatan fungsional Widyaiswara.

Berdasarkan hasil kajian dan memperhatikan kelemahan-kelemahan dari pasal-pasal dalam Peraturan MENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005 ditemui sejumlah permasalahan sebagai berikut:

  1. Hal yang paling mendasar adalah belum diaturnya ketentuan mengenai Kompetensi Widyaiswara dan  Spesialisasi Widyaiswara, padahal kedua ketentuan  ini merupakan hal yang paling mendasar dalam pengembangan karir Widyaiswara.
  2. Ketentuan mengenai Diklat Teknis belum tercantum secara jelas dalam Peraturan MENPAN dimaksud, sehingga menghambat Widyaiswara dalam pengembangan kompetensi teknis atau spesialisasinya dan perolehan angka kredit Widyaiswara secara proporsional.
  3. Penjenjangan kegiatan yang ditetapkan dalam Peraturan MENPAN adalah kendala utama dalam pengumpulan angka kredit Widyaiswara.
  4. Terungkap suatu realitas yang mengindikasikan belum mampunya  peraturan tersebut mengakomodir secara proporsional hak dan kewajiban Widyaiswara.
  5. Ketentuan yang terdapat dalam Peraturan MENPAN dimaksud masih belum jelas, sehingga menimbulkan munculnya multi persepsi yang berujung pada tidak seragamnya penerapan peraturan.

Menyikapi perkembangan yang terjadi di lapangan, LAN melakukan pembahasan dengan pihak-pihak MENPAN, dan BKN guna merumuskan perubahan PERMENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005 tersebut. Namun demikian, ternyata perubahan tersebut bukanlah suatu hal yang sederhana. Setelah dilakukan pembahasan selama kurang lebih dua tahun, akhirnya disepakati payung kebijakan sebagai pengganti PERMENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005.

Beberapa perubahan pokok yang terdapat dalam PERMENPAN Nomor 14 Tahun 2009 dibandingkan dengan PERMENPAN Nomor PER/66/M.PAN/6/2005 antara lain sebagai berikut:

sumber : LAN

Categories: Kewidyaiswaraan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: